KOMUNIKASI

KOMUNIKASI MASSA
adalah proses dimana organisasi media membuat dan menyebarkan pesan kepada khalayak banyak (publik).

Organisasi - organisasi media ini akan menyebarluaskan pesan-pesan yang akan memengaruhi dan mencerminkan kebudayaan suatu masyarakat, lalu informasi ini akan mereka hadirkan serentak pada khalayak luas yang beragam. Hal ini membuat media menjadi bagian dari salah satu institusi yang kuat di masyarakat.

CIRI KOMUNIKASI MASSA
1. Menggunakan media masa dengan organisasi (lembaga media) yang jelas.
2. Komunikator memiliki keahlian tertentu
3. Pesan searah dan umum, serta melalui proses produksi dan terencana
4. Khalayak yang dituju heterogen dan anonim
5. Kegiatan media masa teratur dan berkesinambungan
6. Ada pengaruh yang dikehendaki
7. Dalam konteks sosial terjadi saling memengaruhi antara media dan kondisi masyarakat serta sebaliknya.
8. Hubungan antara komunikator (biasanya media massa) dan komunikan (pemirsanya) tidak bersifat pribadi.

MEDIA MASSA
adalah suatu alat/media sebagai perantara untuk menyampaikan pesan/imformasi dari sumber kepada khalayak umum dalam jumlah yang banyak (massa). Jadi media massa adalah bagian dari komunikasi massa.

JENIS MEDIA MASSA
1. Media Cetak
Adalah media massa pertama kali muncul di dunia pada tahun 1920 an. Di kala itu pada awalnya media massa digunakan pemerintah untuk mendoktrin masayarakat, sehingga membawa masyrakat pembaca kepada suatu tujuan tertentu. Seperti teori jarum suntik pada teori komunikasi massa. Namun sekarang sudah sangat kebebasan pers, seperti timabal balik dari audiens.
Contoh-contoh media cetak seperti; surat kabar, majalah dan tabloid

2. Media Elektronik
Setelah media cetak muncullah media elektronik pertama yaitu radio. Yaitu sebagai media audio yang menyampaikan pesan lewat suara. Kecepetatan dan ketepatan waktu dalam penyampain pesan radio tentu lebih cepat dengan menggunakan siaran langsung. Pada waktu penyebaran informasi Proklamasi Kemerdekaan media massa radio berperan utama dalam penyebaran berita.
Setelah itu muncul Televisi yang lebih canggih bisa menayangkan gambar. Yaitu sebagai media massa audio visual.

3. Media Massa Internet
Baru populer di abad 21, google lahir pada tahun 1997. Media internet bisa melebihi kemampuan media cetak dan elektronik. Apa yang ada pada kedua media tersebut bisa masuk dalam jaringan internet melalui website. Banyak kelebihan media maassa internet dibanding media yang lain.


 TEKNIK BERKOMUNIKASI:
>TEKNIK BERBICARA DAN BERTANYA AKTIF
1. Memilih pokok persoalan untuk dibicarakan
2. Berbicara diiringi dengan bantuan gerak gerik
3. Menyesuaikan situasi dengan lawan bicara dengan baik
4. Menghargai dan menghormati lawan bicara dengan baik
5. Menganggapi setiap reaksi, saran, usul dari lawan bicara
>TEKNIK MENDENGARKAN AKTIF
Cara mendengarkan yang aktif dan efektif, yaitu sebagai berikut:
1) Dengarkan dengan penuh konsentrasi apa yang sedang dibicarakan
2) Tangkap pesan-pesan penting atau inti pembicaraan
3) Sebaiknya terlebih dahulu persiapkan alat tulis menulis untuk mencatat inti pembicaraan
4) Bila pembicaraan terjadi secara langsung tanpa menggunakan media komunikasi, pendengar dapat langsung bertanya kepada pembicara perihal isi pembicaraan yang tidak dipahami (bila pembicaraan terjadi ketika rapat, tunggu sampai pada acara tanya, jawab).

Komunikator (Pengirim/Sender)
pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses

Komunikan (Penerima/Receiver)
Pihak yang menerima pesan dari orang lain